Sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran, guru terlebih dahulu membuat desain/perencanaan
pembelajaran. Dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),
seorang guru harus menggunakan model desain yang sekiranya dianggap cocok untuk
dikembangkan.
Model desain pembelajaran sebetulnya
merupakan pengelolaan dan pengembangan yang dilakukan terhadap
komponen-komponen pembelajaran.
Model-model desain pembelajaran ini digunakan sebagai alat
rujukan bagi guru untuk dapat merencanakan dan mengatur model yang ingin
dilakukan dalam kegiatan proses pembelajaran. Model pembelajaran dapat
dijadikan pola pilihan, artinya setiap guru diperbolehkan untuk memilih alat
rujukan sebagai model pembelajarannya. namun satu hal yang perlu digaris bawahi
bahwa model pembelajaran yang dipilih disarankan yang sesuai, efesien, mudah
dipahami siswa agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana.
Pemilihan model pembelajaran yang relevan dengan situasi dan
kondisi dari siswa, guru maupun sarana dan prasarana sekolah sendiri merupakan
pilihan tindakan yang tepat. perbedaan siswa yang satu dengan siswa sekolah
lain juga dapat membedakan dalam penggunaan model pembelajaran. Begitu juga
dengan guru yang satu dan yang lain juga mempunyai perbedaan pemilihan model
pembelajarannya. Sekali lagi, model pembelajaran yang tepat dan didukung oleh
siswa adalah model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan riil atau situasi
sekolah, siswa, sarana dan prasarana, serta guru sebagai pelakonnya.
Komentar
Posting Komentar